-->

MANAJEMEN SISTEM PELATIHAN


 ARTI MANAJEMEN MENURUT PARA AHLI
a.      Menurut ordway tead yang disadur oleh drs. H. Rosyidi dalam buku“Organisasi DanManagement“, definisi manajemen adalah “proses dan kegiatan pelaksanaan usahamemimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalammewujudkan tujuan yang telah ditetapkan “.
Sumber:http://Danukusumapraja.wordpress.com/
b.      Menurut “Marry Parker Follet” :“Manajemen Sebagai Seni Dalam Menyelesaikan PekerjaanMelalui Orang Lain”.
Sumber: http:// ichaledutech.blogspot/pio_123_slide_pelatihan
c.       Menurut James A.F. Stonner :
“Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan danpengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan”.
Sumber : Agus, D. 1986. Manajemen Prestasi Kerja. Jakarta:Rajawali.
d.      Menurut Drs.M. Manullang (2001:3) Istilah manajemen mengandung 3 (tiga)pengertian, sbb:
o  Manajemensebagai suatu proses
o  Manajemensebagai suatu kolektivitas orang-orang yang melaksanakan manajemen
o  Manajemensebagai suatu seni (art) dan sebagai suatu ilmu
Sumber:http://Danukusumapraja.wordpress.com/
e.      Menurut OeyLiang Lee: Sebuah koordinasi semua sumber daya melalui prosesperencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan danpengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Dari beberapa pengertian diatas yangberasal dari berbagai sumber dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah merupakansuatu seni dan proses dalam merancang, mengorganisasikan, mengelolah,mengawasi, mengarahkan suatu sumber daya manusia dan elemen-elemen yangterlibat  dalam organisasi untuk mencapaisuatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan.
ARTI PELATIHAN MENURUT PARA AHLI

a.      Suprihanto (1987:17) berpendapatpelatihan adalah suatu kegiatan untuk memperbaiki kemampuan seorang karyawandengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan dalammenjalankan suatu pekerjaan
Sumber : buku manajemen sumber dayamanusia perusahaan oleh Dr. A.A Anwar Mangkunegara.
b.      Pelatihan (training) dimaksudkan untuk menguasai berbagai keterampilan danteknik pelaksanaan kerja tertentu terinci dan rutin (Handoko, 1995:104).
Sumber : http://satria.blogspot.com/pengertian pelatihan
c.       Simamora (2004 : 273) memberikandefinisi atau pengertian pelatihan atau training sebagai proses pembelajaranyang melibatkan perolehan keahlian, konsep, peraturan atau sikap untukmeningkatkan kinerja karyawan”.
Sumber : buku manajemen sumber dayamanusia perusahaan oleh Dr. A.A Anwar Mangkunegara
d.      Menurut FLIPPO, Pelatihan adalah tindakanuntuk meningkatkan pengetahuan dan kecakapan seseorang pegawai untukmelaksanakan pekerjaan tertentu.
Sumber : http://satria.blogspot.com/pengertian pelatihan
e.      Menurut Frank Sherwood dan Wallace H. Best,Pelatihan adalah proses membantu pegawai-pegawai untuk memperoleh keefektifandalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan dating melalui pengembangankebiasaan, pikiran dan tindakan, kecakapan, pengetahuan dan sikap.
Sumber : Agus, D. 1986. Manajemen Prestasi Kerja. Jakarta:Rajawali.
Dari beberapa pengertian di atas yangdiambil dari berbagai sumber, dapat disimpulkan bahwa pelatihan adalah suatutindakan dan kegiatan yang diberikan kepada sumber daya manusia yang terlibatdalam organisasi agar mampu menguasai dan meningkatkan berbagai keterampilan,teknik, kecakapan, peraturan dan sikap dalam menjalankan suatu organisasi.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis materi biologi secara Up To Date via email