MATERI BAHASA INDONESIA
KELAS XII SEMESTER 2
JURUSAN IPA DAN IPS
1. MENDENGARKAN MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
Indikator:
Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
Menulis ringkasan isi informasi
Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman
Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman
Materi:
Pengertian informasi
Jenis-jenis informasi
Pengertian ringkasan dan ikhtisar
Cara mengajukan saran yang baik
2. BERBICARA MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Mempresentasikan program kegiatan/proposal
Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Indikator:
Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal
Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
Menulis teks pidato dengan tema tertentu (dikumpulkan sebelum berpidato)
Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
Materi:
Pengertian proposal
Jenis-jenis proposal
Sistematika proposal kegiatan
Contoh proposal kegiatan
Pengertian pidato
Jenis-jenis pidato berdasarkan cara penyajiannya
Cara berpidato yang baik
3. MEMBACA MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
Menentukan kalimat simpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
Indikator:
Menemukan ide pokok
Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
Menemukan paragraf yang berpola induktif
Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
Menemukan paragraf yang berpola deduktif
Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung
Materi:
Pengertian membaca
Pengertian membaca cepat
Teknik membaca cepat
Rumus membaca cepat
Pengertian paragraf deduktif
Pengertian paragraf induktif
Pengertian pengembangan paragraf generalisasi, analogi, dan sebab akibat
4. MENULIS MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Indikator:
Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
Menyunting karangan berpola deduktif induktif
Menentukan topik untuk menulis esai
Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Menyusun paragraf pembukaan
Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
Menyusun paragraf penutup
Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
Materi:
Pengertian paragraf deduktif
Pengertian paragraf induktif
Pengertian pengembangan paragraf generalisasi, analogi, dan sebab akibat
Pengertian esai
Jenis-jenis esai
Cara menulis esai yang baik
5. MENDENGARKAN MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan
Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
Indikator:
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar
Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
Menyampaikan simpulan isi teks drama
Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan
Materi:
Pengertian drama
Jenis-jenis drama
Jenis unsur-unsur intrinsik drama (tema, penokohan, alur, amanat, latar)
6. BERBICARA MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Indikator:
Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
Membacakan gurindam
Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Materi:
Pengertian puisi lama dam puisi baru
Perbedaan puisi lama dan puisi baru
Jenis-jenis puis lama
Pengertian gurindam
Ciri-ciri gurindam
Contoh gurindam
7. MEMBACA MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode
Indikator:
Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode
Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)
Materi:
Pengertian puisi
Jenis-jenis puisi
Pengertian puisi kontemporer
Ciri-ciri puisi kontemporer
Tema puisi kontmporer
Bentuk puisi kontempore
Diksi puisi kontemporer
Karakteristik karya sastra tiap angkatan
Perbedaan karakteristik angkatan tiap periode
8. MENULIS MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra
Indikator:
Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
Materi:
Pengertian kritik sastra
Ciri-ciri kritik sastra
Cara penulisan kritik sastra
Contoh kritik sastra
Pengertian esai sastra
Ciri-ciri esai sastra
Cara penulisan esai sastra
Contoh esai sastra
KELAS XII SEMESTER 2
JURUSAN IPA DAN IPS
1. MENDENGARKAN MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
Indikator:
Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
Menulis ringkasan isi informasi
Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman
Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman
Materi:
Pengertian informasi
Jenis-jenis informasi
Pengertian ringkasan dan ikhtisar
Cara mengajukan saran yang baik
2. BERBICARA MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Mempresentasikan program kegiatan/proposal
Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Indikator:
Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal
Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
Menulis teks pidato dengan tema tertentu (dikumpulkan sebelum berpidato)
Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
Materi:
Pengertian proposal
Jenis-jenis proposal
Sistematika proposal kegiatan
Contoh proposal kegiatan
Pengertian pidato
Jenis-jenis pidato berdasarkan cara penyajiannya
Cara berpidato yang baik
3. MEMBACA MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
Menentukan kalimat simpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
Indikator:
Menemukan ide pokok
Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
Menemukan paragraf yang berpola induktif
Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
Menemukan paragraf yang berpola deduktif
Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung
Materi:
Pengertian membaca
Pengertian membaca cepat
Teknik membaca cepat
Rumus membaca cepat
Pengertian paragraf deduktif
Pengertian paragraf induktif
Pengertian pengembangan paragraf generalisasi, analogi, dan sebab akibat
4. MENULIS MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Indikator:
Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
Menyunting karangan berpola deduktif induktif
Menentukan topik untuk menulis esai
Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Menyusun paragraf pembukaan
Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
Menyusun paragraf penutup
Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
Materi:
Pengertian paragraf deduktif
Pengertian paragraf induktif
Pengertian pengembangan paragraf generalisasi, analogi, dan sebab akibat
Pengertian esai
Jenis-jenis esai
Cara menulis esai yang baik
5. MENDENGARKAN MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan
Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
Indikator:
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar
Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
Menyampaikan simpulan isi teks drama
Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan
Materi:
Pengertian drama
Jenis-jenis drama
Jenis unsur-unsur intrinsik drama (tema, penokohan, alur, amanat, latar)
6. BERBICARA MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Indikator:
Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
Membacakan gurindam
Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Materi:
Pengertian puisi lama dam puisi baru
Perbedaan puisi lama dan puisi baru
Jenis-jenis puis lama
Pengertian gurindam
Ciri-ciri gurindam
Contoh gurindam
7. MEMBACA MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode
Indikator:
Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode
Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)
Materi:
Pengertian puisi
Jenis-jenis puisi
Pengertian puisi kontemporer
Ciri-ciri puisi kontemporer
Tema puisi kontmporer
Bentuk puisi kontempore
Diksi puisi kontemporer
Karakteristik karya sastra tiap angkatan
Perbedaan karakteristik angkatan tiap periode
8. MENULIS MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra
Indikator:
Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
Materi:
Pengertian kritik sastra
Ciri-ciri kritik sastra
Cara penulisan kritik sastra
Contoh kritik sastra
Pengertian esai sastra
Ciri-ciri esai sastra
Cara penulisan esai sastra
Contoh esai sastra
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis materi biologi secara Up To Date via email