-->

INTERPRETASI GAMBAR

Inspirasi untuk meng interpretasi gambar ini ketika aku liat walpape di notebook ku yang terlihat unik. Kemudian aku jelajalahin koleksi walpaperku. Ya ketemu gambar-gambar ini.

1.


Gambar di atas berisi beberapa pemuda ataupun remaja yang sedang melompat, dibelakangnya terdapat background yang berbeda – beda warna. Menurut saya arti daripada gambar di atas bisa disebutkan bahwa dalam dunia para pemuda/remaja berisi keceriaan, semangat, ambisi, dan rasa penasaran yang besar.

Dalam manifestasi keceriaan dan menyalurkan semangat dan ambisi serta rasa penasaran mereka yang besar, jalan yang mereka tempuh berbeda-beda, hal itu ditunjukkan dari warna background di belakang mereka yang berbeda.

Maka dari itu di kalangan pemuda/remaja ada yang berbuat hal-hal yang positif dan ada yang melakukan hal-hal yang negative, dalam proses kehidupannya. Dari gambar tersebut dapat diambil makna bahwa keceriaan dan semangat serta ambisi para remaja yang mereka isi dengan hal-hal yang positif maupun negative, perlu adanya bimbingan agar mereka tetap melakukan yang benar.


2.


Gambar diatas adalah gambar yang menunjukkan ada sebuah bulatan atau lingkaran, disekelilingnya terlihat beberapa manusia yang berbeda warna yang saling bergandengan tangan.

Menurut saya arti gambar di atas adalah bulatan atau lingkaran yang diibaratkan dengan bumi kita. Orang-orang yang berbeda warna dan saling bergandengan tangan adalah manusia ciptaan Allah yang walaupun mereka berbeda, bisa berbeda agama, budaya, derajat (yang biasa disebut kasta), umur, bahasa, kebangsaan, adat istiadat, dsb. Tapi tetap saling rukun, mereka tidak memperdulikan perbedaan, tentunya mereka tetap saling mempertahankan prinsip, tidak mudah dipengaruhi orang lain, tapi mereka berusaha untuk beradaptasi, menyesuaikan dengan cara saling menghargai dan toleransi. Karena pada hakikatnya keinginan manusia manusia yang hidup di dunia ini adalah sama. Menginginkan dunia ini tentram, karena pada hakikatnya tidak mungkin ada manusia yang tidak menginginkan ketentraman kecuali manusia tersebut sudah tidak “normal”

Pelajaran yang diambil adalah walaupun di dunia ini manusia berbeda satu antara yang lainnya, manusia adalah sama, yaitu sama sebagai sama-sama makhluk yang diciptakan Tuhan. Memiliki tujuan sama yaitu menginginkan dunia ini tentram. Maka dari itu fenomena yang sekarang terjadi di Papua dan Ambon semoga dapat segera terselesaikan dan dapat menjadi pelajaran berharga bagi semua.

Memang ada perkataan bijak perbedaan adalah rahmat (wujud kasih sayang dari Tuhan) untuk manusia, tapi alangkah baiknya jika perbedaan itu pada akhirnya dapat mewujudkan ketentraman dan kedamaian serta sebuah pelajaran yang baik.


3.

Gambar di atas adalah adalah gambar pemandangan pagi hari ketika matahari terbit dan di depannya banyak kupu-kupu yang berterbangan bahkan terlihat mendekati sang surya dalam proses kemunculannya. Menurutku gambar tersebut bisa diartikan kupu-kupu berterbangan mendekati matahari adalah wujud rasa syukur mereka, dimana kupu-kupu adalah makhluk Tuhan dari golongan hewan yang juga sadar untuk bersyukur walaupun mereka tidak bisa mengungkapkannya dengan perkataan. Kupu-kupu tersebut bersyukur karena mereka sudah dikaruniai kehidupan yang begitu sarat kenikmatan. Mereka dapat mempunyai sayap-sayap yang bahkan dapat berbeda bentuk dan ukirannya, bahkan jika ukirannya digambar oleh pelukis, hasilnya tidak dapat sama dengan yang aslinya, mereka dapat terbang kemanapun mereka mau salah satunya yaitu dia dapat terbang mendekat menyambut sang surya terbit dan menikmati keindahannya dan kehangatan sinarnya, dapat hinggap pada bunga-bunga yang cantik dan menghirup nektar yang dapat bermanfaat bagi manusia.

Jadi alangkah bahagianya kita sebagai sama-sama makhluk hidup seperti kupu-kupu itu yang mana dikaruniai nikmat berupa rupa yang baik, dapat melakukan apa saja yang kita mau, dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan memperoleh nikmat-nikmat lainnya. Maka dari itu kita jangan kalah dari kupu-kupu, makhluk yang tidak bisa berbicara dan berpikir seperti kita dapat mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada yang menciptkannya.

Kita sebagai manusia yaitu makhluk Tuhan yang paling mulia (daripada hewan dan tumbuh-tumbuhan) dapat selalu berterima kasih atau bersyukur kepada yang telah menciptkan kita dengan segala limpahan nikmatnya dengan cara selalu menjaga apa yang sudah diamanatkannya yaitu alam dunia beserta isinya. Kita harus berusaha untuk melestarikannya jangan merusaknya karena ambisi kita.


4.

Gambar di sebelah adalah gambar telapak tangan yang ditelangkupkan sehingga membentuk lingkaran dan mengarah pada matahari. Matahari terlihat sangat dekat jika tangan kita menelangkupnya seperti itu, padahal apabila tangan kita tidak menelangkup seperti itu, kita lihat matahari begitu sangat jauh dari hadapan kita. Menurut saya gambar itu bisa diinterpretasikan jika kita melihat sesuatu secara fokus (fokus dalam gambar itu kita melihat dengan menelengkupnya dengan tangan kita agar penglihatan kita tidak bercampur dengan benda disekelilingnya), maka sesuatu itu akan terasa dekat. Artinya jika kita fokus melakukan sesuatu maka sesuatu itu akan sangat dekat dengan kita.

Pelajaran yang dapat diambil adalah jika kita ingin mencapai apa yang kita mau kita harus fokus, jangan memperhatikan hal-hal yang tidak berhubungan dengan sesuatu itu, harus konsentrasi agar sesuatu yang kita inginkan cepat kita capai.


5.

Gambar tersebut adalah gambar seorang anak kecil yang sedang bermainan balon dihasilkan dari tiupan busa sabun. Pada awalnya balon-balon yang dihasilkan kecil, tapi kemudian semakin membesar. Menurut ku dalam gambar tersebut dapat diartikan bahwa tiupun busa yang menghasilkan balon adalah usaha yang kita lakukan. Semula usaha yang kita belum terlalu kelihatan hasilnya, hasilnya belum begitu terasa, tapi apabila kita terus berusaha maka kita akan menuai hasil yang memuaskan, hasilnya begitu berarti.

Dari situ hikmah yang dapat kita petik adalah janganlah kita mudah menyerah dalam menjalani hidup, kita harus tetap harus tetap berusaha, memang awalnya hasil usaha tersebut belum begitu berarti, tapi apabila terus diusahakan makan hasilnya akan sangat menggembirakan. Dari situ makannya kita harus dapat menjaga volume dari balon-balon atau hasil-hasil yang kita usahakan itu agar volumenya atau keadaannya tetap atau malah dapat lebih besar atau lebih baik, agar sesuatu yang kita usahakan tidak sia-sia. Optimis dan tidak mudah menyerah harus kita tanamkan baik-baik dalam diri kita, agar kehidupan kita lebih berarti dan selalu lebih baik.


6.


Gambar di atas adalah gambar dua mini aquarium yang masing-masing berisi ikan, ikan yang sendiri terlihat melompat ke dalam aquarium yang lebih banyak ikannya. Mungkin ikan tersebut merasa jenuh sendirian di dalam rumahnya, dan berhubung aquarium (rumah) sebelahnya banyak ikannya, dia merasa ingin nimbrung (ikut serta). Kemudian dia melompat ke aquarium yang banyak ikannya tersebut.

Jadi pelajaran yang dapat diambil adalah, bukan hanya manusia saja yang dikatakan sebagai makhluk sosial, tapi ikan juga. Maka dari itu kita sebagaiaman manusia yang mana lebih berakal daripada ikan seharusnya bisa menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial artinya makhluk yang tidak dapat hidup sendiri, jadi gak boleh egois, sombong, merasa gak butuh orang lain, jadinya pelit dan perhitungan kalau mau memberi apa-apa sama orang lain. Emangnya kalau mati mau berangkat ke kuburan sendiri, he… he….

Sekian, moga – moga ini bermanfaat.




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis materi biologi secara Up To Date via email