-->

GARIS BESAR HIKMATUT TASYRI' part-03

Mahsanah2 Syari'at Islam
Apakah pengertian Mahsanah? Mau tahu ndak...!! biasanya dalam bahasa Inggris ini disebut dengan kata beautiful. kira2 bener gak ya bacaanny? maklum deh, buta bahasa Inggris, heee. Nah, pembaca yang budiman jika kita sudah tahu tentang pengertian Mahsanah, maka secara nalar kita pun akan berfikir bahwa, Mahsanah Syari'at Islam adalah keindahan2 Hukum Islam.
Jika penulis lihat dari buku Tarikh Tasyri' yang dibimbing oleh bapak Asrori (Dosen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim), disana penulis melihat bahwasannya Mahsanah Syari'at Islam itu adalah suatu keindahan yang menyebabkan hukum Islam ini menjadi hukum yang paling kaya, dan dapat memenuhi hajat manusia serta menjamin ketenangan dan kebahagiaan masyarakat.

Setelah kita tahu tentang pengertian Mahsanah, maka kita akan berselancar kepada Mahsanah2 yang ada pada diri Hukum Islam tersebut. Baiklah disini ada tujuh Mahsanah secara global, namun sudah memenuhi segala aspek kehidupan:
1. Hukum Keseimbangan
2. Hukum Kausalitas (sebab akibat)
3. Hukum Proposional (Adil)
4. Hukum Prioritas
5. Hukum Rasionalitas (Ma'quli)
6. Hukum Ketergantungan
7. Hukum Emansipasi

Asrorul Ahkam
Tiap kali menulis garis besar Hikmatut Tasyri' kok tulisannya susah dimengerti si pak guru? heee, maaf ya. Emang Bapak sengaja tulis seperti ini agar kalian nanti tidak kaget jika menemui kata2 seperti ini. heee, peace deh. Oke, sekarang beranjak pada pengertian Asrorul Ahkam. secara umum devinisi tentang Asrorul Ahkam adalah Rahasia-rahasia Hukum Islam.
Katanya Hukum Islam terbuka untuk semua orang? ini kok malah makek rahasia si...? Nah begini lo para pembaca yang budiman sekalian. Penulis akan mendetailkan pemahaman pembaca tentang hal ini!
Saya yakin pembaca adalah muslim 100 %. Lalu saya tanya kepada pembaca sekalian, apakah pembaca pernah melihat bentuk rasa sakit dalam hati ketika pembaca dikhianati oleh sahabat atau pacar? Dalam hal ini, saya pastikan para pembaca sekalian tidak pernah bertemu dengan eksistensi wujud dari rasa sakit itu. demikian pula dengan, Mengapa kok dalam hukum Islam terdapat sebuah rahasia? Jawabnya adalah, karena otak atau daya nalar manusia itu tidak bisa mencapai hal tersebut. untuk lebih jelasnya hal ini akan penulis ungkap dalam kesempatan di lain waktu.
Kita kembali kepada pokok permasalahan kita, yaitu Asrorul Ahkam. Menurut segi bahasa dinamakan hikmah atau ahdof, adalah suatu cabang dari falsafah hukum Islam, yang kita tanggapi atau kita lihat dari segi hikmah dan illat hukum.
Dalam pembahasan ini nanti, ada tiga cakupan penting dalam membahas Asrorul Ahkam, yaitu:
1. Metode (Tailili, Ta'wilii, Hikmi)
2. Wilayah
3. Aspek-aspek (Sudut Bahasa, Sudut Ma'na)

Hikmah Dari Syari'at Islam
Adapun hikmah Islam Bagi manusia adalah membawa sinar kebenaran bagi manusia secara keseluruhan dan memadamkan api kebodohan ditengah-tengah mereka, sehingga mereka mendapat kemenangan setelah terperangkap di dalam kekalahan. mereka pun menjadi kuat dan sehat setelah berabad-abad mengalami sakit.
Syari'at sendiri secara Harfiyah merupakan jalan ke sumber (mata air), yakni jalan lurus yang diikuti oleh orang islam. Syari'at memuat ketetapan2 Allah SWT, dan Ketentuan Rosululloh SAW. Baik berupa larangan maupun perintah, yang meliputi seluruh aspek hidup dan kehidupan manusia.
Baiklah para pembaca sekalian, Hikmah dari Syari'at Islam ternyata telah menutupo perjumpaan kita pada kesempatan kali ini. Akan tetapi sebelumnya penulis juga akan menyebutkan beberfapa aspek Hikmah-hikmah dalam syari'at Islam yang telah penulis pelajari:
1. Hikmah Toharoh
2. Hikmah Ibadah (solat, zakat, puasa, haji)
3. Hikmah Jinayyat
4. Hikmahg Munakahat
5. Hikmah Muamalat
6. Hikmah Waris
7. Hikmah Hudud
8. Hikmah Khilafah
Para pembaca sekalian yang sangat penulis CINTAI, ehem...
Jika anda semua penasaran dengan beberapa Topik diatas yang belum sempat penulis kemukakan secara rinci, maka jangan pernah lupa ketika antum bertemu dengan paman google, kunjungi blog ini lagi ya,,,
TERIMAKASIH SAHABAT-QU SEMUA...


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis materi biologi secara Up To Date via email